Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Feature · 10 Nov 2021 10:56 WIB ·

182 Unit Rumah Terendam Banjir di Karawang


 Pembersihan material atau sampah yang terbawa banjir di Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang oleh BPBD Kabupaten Karawang bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang dan warga setempat, Minggu (7/11). Foto: BPBD Kabupaten Karawang Perbesar

Pembersihan material atau sampah yang terbawa banjir di Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang oleh BPBD Kabupaten Karawang bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang dan warga setempat, Minggu (7/11). Foto: BPBD Kabupaten Karawang

Burangrang.com | Karawang – Hujan lebat juga memicu meluapnya Sungai Cibeet yang menyebabkan banjir di Kabupaten Karawang, Senin (8/11) pukul 06.30 WIB. Banjir yang terjadi di Desa Karangligar, Kecamatan Telukjame Barat ini merendam 182 unit rumah serta fasilitas lainnya, antara lain dua unit fasilitas ibadah dan satu unit fasilitas pendidikan. Terdapat 561 jiwa yang terdampak peristiwa ini.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Karawang telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan evakuasi warga terdampak. BPBD setempat turut melaporkan kondisi mutakhir saat ini banjir telah berangsur surut.

Pembersihan material atau sampah yang terbawa banjir di Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang oleh BPBD Kabupaten Karawang bersama Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Karawang dan warga setempat, Minggu (7/11). Foto: BPBD Kabupaten Karawang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini hujan yang disertai kilat/petir dan angin kencang antara siang hingga malam hari pada tanggal 9 sampai 11 November 2021 di Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabuapten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Garut, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar, Kota dan Kabupaten Cirebon serta Kabupaten Indramayu.

Kajian inaRISK juga menunjukkan bahwa Kabupaten Garut memiliki potensi bahaya banjir bandang pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 40 kecamatan. Sedangkan Kabupaten Karawang memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tnggi yang berdampak pada 30 kecamatan.

Merespon hal ini, BNPB mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi basah di tengah dampak La Nina yang melanda sebagian wilayah Indonesia. Masyarakat dan pemerintah daerah setempat dapat melakukan upaya mitigasi dengan pembersihan saluran dan daerah resapan air, peninjauan kondisi serta pembersihan berkala fasilitas umum maupun pemukiman warga yang terletak di daerah berpotensi banjir, giat susur sungai oleh para ahli serta memantau prakiraan cuaca melalui BMKG dan potensi bencana di wilayah sekitar tempat tinggal melalui inaRISK. Pada saat tanggap darurat, masyarat juga dapat mengikuti instruksi pemerintah daerah setempat terkait giat penanganan bencana serta waspada terhadap aliran listrik dan genangan maupun aliran air yang memasuki tempat tinggal.

Pewarta: Feb
Editor: And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar