Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Kabar · 24 Mar 2022 14:10 WIB ·

865 Unit Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Toli-toli


 Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah, Rabu (23/3). Foto : BPBD Provinsi Sulawesi Tengah Perbesar

Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah, Rabu (23/3). Foto : BPBD Provinsi Sulawesi Tengah

Burangrang.com | Sulawesi – Banjir merendam 865 unit rumah di wilayah Kabupaten Toli-toli, Sulawesi Tengah pada Rabu (23/3). Peristiwa tersebut terjadi setelah meluapnya Sungai Tuweley dan Sungai Lembe pascahujan dengan intensitas tinggi melanda pukul 02.30 WITA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah melaporkan, banjir dengan ketinggian muka air sekitar 70 hingga 100 sentimeter menyebabkan 866 kepala keluarga di dua kecamatan, terendam banjir.

Adapun dua kecamatan yang terendam adalah Kecamatan Baolan meliputi Kelurahan Baru dan Kelurahan Tuweley, kemudian Kecamatan Galang dengan wilayah Desa Tende dan Desa Aung.

Banjir juga menyebabkan beberapa insfrastuktur terdampak, tercatat satu unit Sekolah Dasar dan Kantor Desa Aung ikut terendam, serta dua unit jembatan mengalami kerusakan.

Pada saat kejadian, BPBD bersama tim gabungan langsung terjun ke lokasi guna melakukan percepatan penanganan, melakukan assesment dan berkoordinasi dengan aparat desa untuk melakukan pemantauan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Kabupaten Toli-toli dan sebagian wilayah Provinsi Sulaeesi Tengah pada Kamis (24/3) dan Jumat (25/3).

Menanggapi potensi hujan tersebut, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar selalu siap siaga menghadapi peristiwa alam yang dapat muncul diakibatkan oleh hujan seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

Pewarta : Cil
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar