Menu

Mode Gelap
Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu 26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser 18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok

Kabar · 29 Nov 2021 12:40 WIB ·

Angin Kencang Akibatkan Sejumlah Rumah Warga Karawang Rusak Ringan Hingga Berat


 Kondisi rumah warga yang rusak tertimpa pohon akibat angin kencang di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Foto : BPBD Kabupaten Karawang Perbesar

Kondisi rumah warga yang rusak tertimpa pohon akibat angin kencang di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Foto : BPBD Kabupaten Karawang

Burangrang.com | Karawang – Angin kencang yang terjadi bersamaan dengan hujan lebat menyebabkan sejumlah rumah warga Karawang rusak. Kejadian ini berlangsung pada Jumat sore (26/11), sekitar pukul 15.45 WIB. Tak ada laporan korban jiwa akibat peristiwa tersebut.

Bencana yang terjadi di Desa Tegalsari, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, menyebabkan rumah rusak berat sebanyak 7 unit, rusak sedang 4 unit dan rusak ringan 5 unit. Total warga terdampak angin kencang mencapai 19 KK atau 72 jiwa. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang melaporkan tidak ada pengungsian paska insiden.

Kondisi rumah warga yang rusak tertimpa pohon akibat angin kencang di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Foto : BPBD Kabupaten Karawang

Setelah kejadian, petugas BPBD dibantu TNI, Polri, relawan dan warga setempat membantu warga yang rumahnya rusak. BPBD telah mendata kerusakan rumah maupun jumlah keluarga terdampak angin kencang di lokasi terdampak.

Menyikapi potensi bahaya hidrometeorologi angin kencang, BNPB mengimbau warga untuk waspada dan siap siaga terhadap ancaman bahaya. Masyarakat dapat berlindung di bawah struktur bangunan yang kuat dan menghindari berteduh di bawah pohon atau pun papan baliho.

Upaya pencegahan lain, warga dapat memangkas ranting-ranting pohon yang ada di sekitar tempat tinggal. Pemangkasan ranting bertujuan untuk menghindari beban pohon saat terjadi hujan lebat maupun angin kencang.

Sementara itu, selain bahaya angin kencang, pemerintah daerah dan warga juga diharapkan untuk waspada terhadap bahaya hidrometeorologi lain, seperti banjir. Prakiraan cuaca di wilayah Purwasari terpantau berpeluang hujan ringan, sedang hingga hujan petir pada hari ini, Minggu (28/11). Kondisi ini masih akan berpeluang terjadi hingga akhir November 2021.

Pewarta: Cil
Editor: And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Kepala BNPB Dorong Percepatan Perbaikan Rumah Terdampak Siklon Tropis Seroja NTT

13 Mei 2022 - 13:34 WIB

Trending di Kabar