Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Feature · 18 Feb 2022 13:54 WIB ·

Antisipasi Dampak Banjir BPBD Kota Bekasi dan Unsur Terkait Siagakan Personel


BPBD kota Bekasi memantau banjir yang terjadi di beberapa kelurahan pada Rabu (16/2). Foto : BPBD Kota Bekasi Perbesar

BPBD kota Bekasi memantau banjir yang terjadi di beberapa kelurahan pada Rabu (16/2). Foto : BPBD Kota Bekasi

Burangrang.com | Bekasi – Pantauan BPBD Kota Bekasi menginformasikan banjir belum surut di wilayahnya hingga hari ini, Kamis (17/2). Namun demikian, cuaca setempat tampak berawan sehingga kondisi ini diharapkan mempercepat surutnya genangan.

Banjir yang terjadi di wilayah Kota dan Kabupaten Bekasi berdampak pada empat kecamatan. Peristiwa ini terjadi setelah hujaln lebat mengguyur kawasan tersebut hingga debit air Sungai Cikeas dan Cileungsi meluap pada Rabu (16/2), pukul 11.30 WIB. Wilayah terdampak di sejumlah kecamatan tersebut yaitu Kelurahan Bekasi Jaya, Margahayu dan Duren Jaya di Kecamatan Bekasi Timur.

BPBD kota Bekasi memantau banjir yang terjadi di beberapa kelurahan pada Rabu (16/2). Foto : BPBD Kota Bekasi

Selanjutnya, kelurahan terdampak lainnya yaitu Kelurahan Jaka Setia dan Marga Jaya di Kecamatan Bekasi Selatan, Kelurahan Jatirasa di Kecamatan Jatiasih, serta Kelurahan Teluk Pucung di Bekasi Utara. Saat terjadi banjir, tinggi muka air berkisar antara 70 hingga 80 cm.

Banjir ini mengakibatkan adanya pengungsian warga. Petugas BPBD dan unsur terkait, seperti PMI, DMC dan Lingkaran Peduli evakuasi warga ke tempat yang aman. BPBD masih melakukan pendataan terhadap mereka yang mengungsi. Sedangkan data warga yang mengungsi 50 jiwa dan terdampak sementara di sejumlah kelurahan tersebut sekitar 252 KK atau 1.008 jiwa.

Meskipun pagi ini terpantau berawan, pemerintah daerah dan warga diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap dampak banjir yang lebih buruk, khususnya di puncak musim hujan pada bulan ini. Prakiraan cuaca di wilayah Kota Bekasi pada hari ini (17/2) dan esok, Jumat (18/2), hujan dengan potensi ringan hingga sedang masih berpeluang terjadi.

Berdasarkan kajian inaRISK, Kota Bekasi memiliki 13 kecamatan dengan potensi bahaya banjir dengan kateogri sedang hingga tinggi. Sejumlah kecamatan terdampak banjir merupakan wilayah pada potensi bahaya tersebut.

Berbagai upaya pencegahan atau mitigasi dapat dilakukan oleh pemerintah daerah ataupun warga masyarakat. Warga masyarakt dapat menyiapkan tas siaga bencana yang berisi obat-obatan, perlengkapan untuk mendukung protokol kesehatan (prokes) atau pun air minum. Sedangkan pemerintah daerah dan pihak kecamatan atau pun kelurahan dapat menyiapkan tempat-tempat evakuasi sementara dengan penerapan prokes.

Pewarta : Cil
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 24 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar