Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Kabar · 7 Apr 2022 11:21 WIB ·

Banjir Menerjang Bolaang Mongondow Timur Tiga Rumah Warga Rusak Berat


 Pemukiman warga teredam banjir di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara. Foto : BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow Perbesar

Pemukiman warga teredam banjir di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara. Foto : BPBD Kabupaten Bolaang Mongondow

Burangrang.com | Sulawesi – Satu desa di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Provinsi Sulawesi Utara, terdampak banjir yang terjadi setelah hujan lebat menguyur wilayah itu pada Minggu (3/4). Debit air memicu tanggul Sungai Lonsiow jebol.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolaang Mongondow melaporkan Desa Motongkad Utara, Kecamatan Nuangan, dilanda banjir yang berlangsung pada pukul 15.00 waktu setempat. Kerusakan rumah warga berjumlah 8 unit, dengan rincian rusak berat 3 unit dan rusak sedang 5 unit. Meskipun terjadi kerusakan, tidak ada laporan warga desa yang menjadi korban insiden tersebut.

Selain mengakibatkan kerusakan di sektor pemukiman, banjir juga berdampak di sektor ekonomi. Sebanyak 7 unit tempat usaha milik warga mengalami kerusakan. Pihak BPBD belum merinci tingkat kerusakan tempat tersebut.

Merespons kejadian saat itu, petugas gabungan segera melakukan evakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Di samping itu, BPBD yang dibantu TNI, Polri dan dinas terkait membuka akses jalan yang terhalang oleh rumah hanyut.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya banjir susulan. Prakiraan cuaca pada esok hari, Selasa (5/4), wilayah Nuangan masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir.

Sedangkan secara umum, peringatan dini cuaca di Provinsi Sulawesi Utara pada esok (5/4), wilayah ini berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Warga dapat mengakses sumber informasi resmi cuaca atau pun potensi bahaya yang ada di sekitar, seperti inaRISK atau pun info BMKG. Menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, setiap keluarga dapat menyiapkan rencana kesiapsiagaan, antara lain tas siaga bencana dan rencana evakuasi.

Pewarta : Cil
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar