Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Kabar · 21 Okt 2021 11:43 WIB ·

Banjir Merendam 230 Rumah di Kota Malang


Giat pembersihan material oleh tim gabungan pascabanjir di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (19/10). Foto : (Istimewa)
Perbesar

Giat pembersihan material oleh tim gabungan pascabanjir di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (19/10). Foto : (Istimewa)

Burangrang.com | Malang – Akibat cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Kota Malang sejak pukul 13.15 WIB dimana hujan mengguyur dengan intensitas tinggi disertai angin memicu terjadinya banjir dan genangan di beberapa titik pada hari Selasa, (19/10) Pkl. 14.45 WIB. Wilayah terdampak di  Kecamatan Blimbing meliputi  kelurahan Blimbing, Kelurahan Purwantoro, dan Kelurahan Bunulreko.

Berdasarkan data BPBD Kota Malang menyebutkan kerugian Materil  ± 230 unit rumah terendam banjir, dan sebanyak 230 KK terdampak. Lalu Lintas di beberapa titik di Kota Malang terjadi kemacetan. Beberapa Kendaraan yang melintas mengalami mogok, sedangkan material lumpur masuk ke tempat usaha dan rumah warga. Kondisi terkini Banjir saat ini sudah surut

Giat pembersihan material oleh tim gabungan pascabanjir di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (19/10). Foto: (Istimewa)

Untuk upaya Penanggulangan Bencana, Tim Reaksi Cepat  (TRC) BPBD Kota Malang melakukan assesment terkait kerusakan, kerugian, dan sumber daya yang terdampak di lokasi kejadian serta pembersihan material atau sampah sisa banjir.

Analisis dari Inarisk Kota Malang termasuk potensi risiko banjir dengan kategori sedang tinggi. Wilayah tersebut mencakup kecamatan Kedung Kandang, Kecamatan Sukun, Kecamatan Klojen, Kecamatan Blimbing dan kecamatan Lowokwaru.

BPBD Prov. Jawa Timur sebelumnya telah meneruskan informasi Peringatan Dini potensi hujan tersebut kepada BPBD Kab/Kota untuk diteruskan kepada pihak terkait di Kab/Kota dan masyarakat untuk waspada ancaman bencana hydrometeorologi. Berdasarkan informasi BMKG, pada (19/10) hingga (20/10) potensi hujan lebat untuk dampak Banjir/Bandang dapat terjadi di wilayah Prov. Jawa Timur dengan status Waspada (signature.bmkg.go.id) sedangkan prakiraan cuaca pada (21/10) didominasi cerah berawan dan hujan ringan.

Giat pembersihan material oleh tim gabungan pascabanjir di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, Selasa (19/10). Foto : (Istimewa)

Memasuki musim penghujan, masyarakat diimbau untuk tetap waspada bahaya banjir jika hujan dengan intensitas sangat tinggi terjadi menerus selama lebih dari satu jam. Upaya antisipasi seperti optimalisasi dan pembersihan saluran air perlu dilakukan dan pemangkasan ranting-ranting pohon yang berpotensi patah saat hujan yang disertai angin kencang,informasi ini ditayangkan di halaman resmi BNPB.

Pewarta: Feb
Editor: And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar