Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Kabar · 25 Jun 2021 15:17 WIB ·

Berkunjung ke Curug Dengdeng Wisata Baru Di Sukarama


 Berkunjung ke Curug Dengdeng Wisata Baru Di Sukarama Perbesar

Burangrang.com| Cianjur merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Sebagian besar wilayah Cianjur adalah pegunungan, kecuali di sebagian pantai selatan berupa dataran rendah yang sempit. Lahan-lahan pertanian tanaman pangan dan hortikultura, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat. Keadaan itu ditunjang dengan banyaknya sungai besar dan kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya pengairan tanaman pertanian. Sungai terpanjang di Cianjur adalah Sungai Cibuni, yang bermuara di Samudra Hindia.

Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kabupaten Cianjur, punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai Air Terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera untuk di explore.

Foto : Taufiq (salah satu dari enam undakan Curug Dengdeng)

Salah satu potensi wisata air terjun  yang terletak di Desa Sukarama, Kecamatan Bojong Picung  Kabupaten Cianjur  adalah Curug Dengdeng yang merupakan air terjun yang berundak sampai dengan enam tingkat air terjun,  Meski pun ketinggian air terjunnya hanya berkisar tiga sampai enam meteran, namun undakan bebatuan membuat aliran sungai menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata Curug Dengdeng.

Untuk saat ini  pengunjung belum di kenakan  tiket masuk ke Curug Dengdeng karena masih dalam tahap merapikan akses menuju kecurug, Bagi para pengunjung yang akan datang ke Curug Dengdeng Desa Sukarama wajib untuk didampingi oleh Karangtaruna dan beberapa penduduk desa, karena untuk menikmati Curug Dengdeng dari tingkat satu yang paling bawah ke tingkat 6enam yang ada dipaling atas harus menggunakan perlengkapan seperti tali pengaman karena undakan undakan air terjun ini terbentuk oleh batu batu yang cukup besar dan agak licin karena digenangi air.

Foto : Taufiq (Curug Dengdeng tingkat keempat, terdapat banyak batu-batu yang berukuran besar untuk mencapai kelokasi ini diperlukan tali sebagai alat untuk berpegangan )

Lokasi Curug Dengdeng sendiri terletak di perbukitan dan dari lokasi parkiran  kita bisa berjalan kaki kurang lebih tiga kilometer untuk sampai kelokasi curug dengdeng. Untuk awal- awal kita melintasi pematang sawah, dan saluran irigasi yang mengalir untuk mengairi pesawahan masyarakat setempat, setelah itu kita juga menyebrangi sungai melalui jembatan yang terbuat dari bambu, setelah menyebrang sungai ini  barulah perjalanan mulai menanjak dengan melewati perkebunan masyarakat.

Ditengah perjalanan, sesekali suara serangga akan terdengar mendayu-dayu. Sementara, pemandangan bukit dan sawah-sawah milik warga yang berjejer rapih seolah menjadi penawar lelah saat menempuh perjalanan. Rasa lelah selama perjalanan akan terbayar dengan pemandangan Curug Dengdeng tingkat pertama yang langsung dapat melihat Curug Dengdeng yang ada ditingkat paling atasnya. Dari curug paling  bawah sampai dengan curug ketingkat kelima kita masih bisa bermain air, karena airnya cukup tenang dan tidak terlalu dalam tetapi di curug paling atas kita tidak diperbolehkan untuk bermain air karena cukup dalam.

Foto : Taufiq ( salah satu jembatan yang dilalui untuk mencapai ke Curug Dengdeng)

Untuk mencapai ke curug yang paling atas kita harus menggunakan tali temali yang sudah dibawa oleh Karang Taruna dan penduduk yang mendampingi kita ke curug dengdeng, tali akan dipasang dari atas bebatuan yang cukup besar dan kita akan menuju ke atas dengan berpegangan pada tali tersebut dan harus berhati-hati karena ada beberapa bagian batu yang cukup licin. Setelah sampai pada tingkat yang paling atas kita bisa menikmati pemandangan curug yang ada dibawahnya. Setelah bermain air dan menikmati kesegaran air curug yang cukup sejuk kita bisa beristirahat di tempat yang telah disediakan tepat berada di atas curug yang paling atas, sambil nikmati segarnya kelapa muda yang  telah disediakan oleh para penduduk yang ikut mendampingi kita.

Setelah puas menikmati pemandangan dan berswafoto kita bisa langsung kembali tanpa harus  melewati aliran  curug dengdeng, kita tinggal mengikuti jalan setapak yang biasa digunakan para petani ke kebunnya.

Foto : Taufiq ( salah satu cara untuk mencapai Curug Dengdeng ditingkatan paling atas)

Bagi kalian yang akan berkunjung ke Curug Dengdeng yang ada di  Desa Sukarama, Bojong picung Kabupaten Cianjur ini disarankan untuk berangkat lebih pagi seperti yang diungkapkan oleh Ketua karang taruna “untuk datang kecurug dengdeng lebih baik diwaktu pagi hari dari  jam 08 pagi sampai dengan jam 12 siang sudah bisa kembali lagi, karena faktor cuaca sangat berpengaruh untuk siang menjelang sore masih sering terjadi hujan, dan bagi pengunjung harus didampingi oleh penduduk setempat dengan cara berkoordinasi dengan Karang Taruna Desa Sukarama, karena saat ini Curug Dengdeng dikelola oleh Karang Taruna” ungkap Kang Ade selaku ketua Karang Taruna Desa Sukarama.

untuk lokasi curug dengdeng bisa di link berikut :

 

 

Pewarta : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 844 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar