Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Feature · 1 Nov 2021 15:48 WIB ·

Dipicu Luapan Sungai Kapuas, 1.000 Rumah Warga Sanggau Kalimantan Barat di 5 Kecamatan Terendam Banjir


Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat, Senin (25/10). Foto: BPBD Kabupaten Sanggau Perbesar

Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat, Senin (25/10). Foto: BPBD Kabupaten Sanggau

Burangrang.com | Kalimantan – Sebanyak 1.000 rumah warga di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat terendam banjir. Terdapat 5 Kecamatan terdampak kejadian ini, dengan rincian Desa Kuala Rosan yang terletak di Kecamatan Meliau, Desa Melungai, Desa Pedalaman, Desa Kawat, Desa Pulau Tayan Utara di Kecamatan Tayan Hilir, Desa Balai Sebut di Kecamatan Jangkang.

Kemudian Desa Inggis, Desa Kedukul, Desa Semuntai di Kecamatan Mukok, dan Desa Penyeladi Hilir, Desa Semerangkai, Kelurahan Tanjung Sekayam, Kelurahan Beringin, Kelurahan Tanjung Kapuas di Kecamatan Kapuas.

Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat, Senin (25/10). Foto: BPBD Kabupaten Sanggau

Kejadian ini dipicu hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya sungai kapuas yang terjadi pada Senin (25/10) pukul 05.00 WIB. Berdasarkan laporan yang diterima Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB per Sabtu (30/10) pukul 12.50 WIB, banjir ini juga mengakibatkan 1.166 KK / 4.112 jiwa terdampak dengan ketinggian air berkisar antara 10 – 50 sentimeter.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Senggau segera melakukan pendataan lanjutan serta melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat secara intensif. Saat ini BPBD Senggau bersama tim gabungan tengah mendirikan posko pengungsian di beberapa titik, namun warga masih memilih bertahan di rumah masing-masing. Distribusi logistik juga terus dilakukan bagi warga terdampak guna memenuhi kebutuhan dasar.

Melihat prakiraan cuaca BMKG hingga tiga hari kedepan (01/11) wilayah Kabupaten Senggau berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disertai petir. Sementara itu, analisis InaRISK menyebutkan bahwa Kabupaten Senggau merupakan wilayah dengan potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi.

Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat, Senin (25/10). Foto: BPBD Kabupaten Sanggau

Dalam menghadapi potensi La Nina yang dapat terjadi pada periode Oktober 2021 sampai dengan Februari 2022, BNPB menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan. Salahsatunya dengan mengecek ketinggian air di sekitar tempat tinggal apabila terjadi hujan dengan durasi yang cukup lama. Selain itu masyarakat dapat memantau informasi cuaca dan potensi risiko sekitar dari sumber yang dapat dipertanggungjawabkan seperti BMKG dan InaRISK.

Pewarta: Feb
Editor: And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar