Menu

Mode Gelap
Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok Jika Tak Ada Pendaki Gunung, Tak Mungkin Ada Freeport! Tualangi Samudera Dunia Seorang Diri Selama 210 Hari Diusia 16 Tahun Tim Gabungan Lakukan Penanganan Banjir dan Longsor di Luwu, Sulsel

Kabar · 20 Jul 2020 16:20 WIB ·

Gerakan Pramuka Gelar Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Nusantara Secara Virtual

Foto:Fachrudi/ (Rapat Persiapan Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli yang dipimpin oleh GKR Mangkubumi selaku Waka Kwarnas Bidang Abdimas)

Burangrang.com | Jakarta – Di sela rapat koordinasinya dengan jajaran pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka di seluruh Indonesia, Fachrudi Fahim, Komandan Satgas Pramuka Peduli Kwarda DKI Jakarta mengabarkan perihal agenda Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Nusantara.

Apel yang rencana akan dihadiri oleh 2.500 anggota Pramuka Peduli se Indonesia itu, dimaksudkan untuk menggalang koordinasi dan komunikasi yang lebih efektif dan efesien di internal Gerakan Pramuka. Uniknya, apel tersebut dilaksanakan secara virtual, melalui aplikasi yang kini tengah populer yakni Zoom Cloud Meeting.

Apel secara virtual ini tergolong unik. Meski demikian, Fachrudi yang didaulat oleh Kwartir Nasional sebagai Ketua Pelaksana Apel Kesiapsiagaan Relawan Pramuka Peduli Nusantara, memastikan “Ini kan baru tahapan koordinasi dan komunikasi saja, tunggu ya tanggal mainnya, nanti kami siap di lapangan,” jelas Fachrudi.

Dihubungi secara terpisah Fachrudi menambahkan, “Sebelumnya Gerakan Pramuka sudah ikut andil dalam upaya pananganan Covid di Kwardanya masing-masing. Apel yang sekarang ini untuk lebih memaksimalkan upaya kami dalam mengkoordinasikan potensi yang kami miliki.”

Fachrudi lebih jauh menjelaskan, “Nanti teknisnya partisipan akan kita bagi menjadi lima kategori. Pertama pihak Kwarnas dan Satgas Covid-19, lalu kelompok Kwarda yang di dalamnya terdapat Ketua, Waka Abdimas, Pengurus PP, dan unsur DKD. Ada juga kelompok Ketua-ketua Kwarcab. Sedangkan dua pihak lainnya adalah Undangan dan para Relawan Pramuka Peduli se Indonesia.”

Dari kelima kategori apel tersebut jumlah partisipan terbesar pada zoom cloud meeting terdapat pada Relawan Pramuka Peduli yang diikuti oleh 1.700 partisipan. Sedangkan apel oleh Kwarnas dan Satgas Covid diikuti oleh 130 orang. Untuk ketua-ketua Kwarda diikuti 136 partisipan. Untuk Ketua Kwarcab sebanyak 514 partisipan, dan untuk undangan diikuti 20 orang.

Penulis: Darmanto
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

Baca Lainnya

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Kepala BNPB Dorong Percepatan Perbaikan Rumah Terdampak Siklon Tropis Seroja NTT

13 Mei 2022 - 13:34 WIB

Delegasi G20 Sepakat Pembiayaan Internasional Dukung Penciptaan Iklim Pariwisata Berkelanjutan

13 Mei 2022 - 13:17 WIB

Indonesia Dominasi Piala Dunia Panjat Tebing Hingga Pecahkan Rekor Dunia Tercepat

13 Mei 2022 - 11:45 WIB

Pemkot Jaksel Konversi Ruang Publik Jadi Etalase Pelaku Ekraf Seni Rupa

13 Mei 2022 - 11:33 WIB

Trending di Kabar