Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Kabar · 4 Okt 2021 10:58 WIB ·

Kebakaran Lahan Di Kampar Berhasil Dipadamkan Tim Reaksi Cepat


 Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kampar melakukan pemadaman kebakaran lahan di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (3/10). Foto: BPBD Kabupaten Kampar Perbesar

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kampar melakukan pemadaman kebakaran lahan di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (3/10). Foto: BPBD Kabupaten Kampar

Burangrang.com | Riau – Tim Reaksi Cepat (TRC) Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar berhasil memadamkan dan melakukan proses pendinginan kebakaran lahan perbukitan dengan luas kurang lebih 4 hektar (Ha) di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Minggu (3/10).

Kebakaran lahan yang berada di areal perkebunan kelapa sawit itu diketahui terjadi pada pukul 12.00 WIB. Akan tetapi, penyebab dari peristiwa itu belum diketahui.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kampar melakukan pemadaman kebakaran lahan di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (3/10). Foto: BPBD Kabupaten Kampar

Dalam proses pemadaman, TRC bersama tim satgas gabungan lainnya sempat mengalami kendala karena sumber air yang jauh dari titik lokasi kebakaran.

Upaya pemadaman tersebut kemudian mendapat dukungan dari satgas udara dengan mengerahkan dua buah helikopter waterbombing sebanyak 44 kali.

Selain melakukan pemadaman tim TRC juga melakukan pendataan sementara terkait kebakaran lahan tersebut. Sementara itu tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Berdasarkan kajian risiko InaRisk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), wilayah Kabupaten Kampar memiliki tingkat risiko sedang hingga tinggi dalam kaitan kebakaran hutan dan lahan.

InaRisk BNPB mendata ada sebanyak 21 wilayah kecamatan yang masuk dalam kategori tersebut. Sementara itu, luas risiko lahan yang mencapai hingga 469.792 hektar.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kampar melakukan pemadaman kebakaran lahan di Desa Merangin, Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (3/10). Foto: BPBD Kabupaten Kampar

Melihat dari kajian risiko InaRisk tersebut, BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat agar mengambil langkah strategis dalam rangka mitigasi dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang dapat dipicu oleh berbagai faktor seperti alam dan manusia. Himbauan BNPB yang di tuangkan di halaman situsnya.

Pewarta: Nish
Editor: And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 29 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar