Menu

Mode Gelap
Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu 26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser 18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok

Kabar · 13 Jan 2022 12:03 WIB ·

Kepala BNPB Tinjau Kesiapan Hotel Karantina Pelaku Perjalanan Luar Negeri di Bali


 Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto (kiri) meninjau salah satu kamar yang menjadi fasilitas pada lokasi tempat karantina yang diperuntukan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Hotel Vassini, Kuta, Provinsi Bali. Foto :Komunikasi Kebencanaan BNPB/Dume Sinaga Perbesar

Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto (kiri) meninjau salah satu kamar yang menjadi fasilitas pada lokasi tempat karantina yang diperuntukan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Hotel Vassini, Kuta, Provinsi Bali. Foto :Komunikasi Kebencanaan BNPB/Dume Sinaga

Burangrang.com | Denpasar – Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto meninjau dua lokasi karantina yang diperuntukan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Pulau Dewata, Bali, pada hari ini, Rabu (12/1). Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan Provinsi Bali apabila  Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dibuka sebagai salah satu pintu masuk bagi PPLN.

Dua lokasi yang ditinjau oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah Hotel Hilton Garden Inn dan Hotel Vassini di wilayah Kuta. Peninjauan tersebut berfokus pada alur atau flow kedatangan para PPLN saat tiba di hotel. Suharyanto yang juga menjabat sebagai Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menekankan beberapa hal dalam peninjauan tersebut.

Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto (kiri) meninjau salah satu kamar yang menjadi fasilitas pada lokasi tempat karantina yang diperuntukan bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Hotel Vassini, Kuta, Provinsi Bali. Foto :Komunikasi Kebencanaan BNPB/Dume Sinaga

“Yang pertama, tolong diperhatikan waktu tunggu di bandara, jangan sampai para PPLN menunggu terlalu lama,” kata Suharyanto.

Dalam kurun waktu satu jam, pelaku perjalanan luar negeri harus sudah berpindah dari bandara ke lokasi karantina. Hal tersebut guna menghindari adanya kerumunan di bandara.

Kedua, untuk meminimalkan kontak, jalur masuk antara pengunjung umum dengan pasien karantina harus dibedakan.

“Perlu dibedakan jalur masuknya agar tidak ada kontak dengan pengunjung umum sehingga dapat meminimalisir penularan apabila ada yang positif,” jelas Suharyanto.

Selanjutnya, Kepala BNPB juga meminta adanya pengawasan ketat pasien karantina oleh tenaga kesehatan. Pengawasan tersebut dilakukan secara langsung oleh tenaga kesehatan yang berkunjung ke lokasi karantina minimal 2 kali sehari.

“Minimal 2 kali sehari ada pengecekan kesehatan oleh dokter agar terpantau kondisi para pasien karantina, jangan diabaikan ternyata malah sakit,” imbuhnya.

Selain itu, pengawasan keamanan juga harus dilakukan pihak hotel untuk memastikan tidak ada pasien yang meninggalkan ruangan selama karantina berlangsung.

Selain hotel, disediakan pula wisma yang tersebar di seluruh wilayah Bali yang diperuntukan untuk karantina mandiri maupun terpusat bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Mengacu kepada Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nomor 1 tahun 2022, pelaku perjalanan luar negeri baik WNI maupun WNA wajib menjalani karantina terpusat selama 7×24 jam. Penerapan kebijakan karantina bertujuan untuk menekan angka kenaikan kasus COVID-19, khususnya varian baru Omicron.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala BNPB didampingi oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulamgan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, I Made Rentin, Deputi Bidang Sistem dan Srategi Raditya Jati, dan Deputi Bidang Penangan Darurat Mayjen TNI Fajar Setyawan.

Pewarta : Cil
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Kepala BNPB Dorong Percepatan Perbaikan Rumah Terdampak Siklon Tropis Seroja NTT

13 Mei 2022 - 13:34 WIB

Trending di Kabar