Menu

Mode Gelap
Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu 26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser 18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok

Feature · 3 Des 2021 14:42 WIB ·

Pemkot Pasuruan Pompa Genangan Banjir, Aktivitas Warga Kembali Normal


 Pemerintah Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, melakukan pemompaan genangan banjir di wilayah. Upaya ini dilakukan setelah kota itu dilanda banjir pada Selasa (30/11), pukul 01.30 WIB. BPBD setempat tetap bersiaga terhadap potensi bahaya banjir susulan. Foto : BPBD Kota Pasuruan Perbesar

Pemerintah Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, melakukan pemompaan genangan banjir di wilayah. Upaya ini dilakukan setelah kota itu dilanda banjir pada Selasa (30/11), pukul 01.30 WIB. BPBD setempat tetap bersiaga terhadap potensi bahaya banjir susulan. Foto : BPBD Kota Pasuruan

Burangrang.com | Pasuruan – Pemerintah Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, melakukan pemompaan genangan banjir di wilayah. Upaya ini dilakukan setelah kota itu dilanda banjir pada Selasa (30/11), pukul 01.30 WIB. BPBD setempat tetap bersiaga terhadap potensi bahaya banjir susulan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan menginformasikan pada hari ini, Rabu (1/12), pukul 04.30 WIB, kondisi wilayahnya telah kembali normal setelah dilakukan penyedotan genangan banjir. Di samping itu, pantauan BPBD menyebutkan kondisi pasang-surut air laut tampak normal dan cuaca mendung hingga hujan pada pagi tadi.

Pemerintah Kota Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, melakukan pemompaan genangan banjir di wilayah. Upaya ini dilakukan setelah kota itu dilanda banjir pada Selasa (30/11), pukul 01.30 WIB. BPBD setempat tetap bersiaga terhadap potensi bahaya banjir susulan. Foto : BPBD Kota Pasuruan

Saat ini masih berlangsung pembersihan sampah dan material lumpur yang terbawa banjir. Tim gabungan yang dipimping BPBD Kota Pasuruan mengkoordinasikan upaya tersebut dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi banjir di tengah musim hujan. Tim ini terdiri dari BPBD, PMK Kota Pasuruan, TNI, Polri, Tagana, aparat kecamatan dan kelurahan serta warga setempat.

Banjir yang melanda kota tersebut disebabkan hujan lebat dan berdurasi panjang sekitar 3 jam. Kondisi ini diperburuk pasang air laut sehingga terjadi genangan di pemukiman warga. Saat terjadi banjir, tinggi muka air berkisar 10 hingga 70 cm.

Wilayah yang terdampak banjir teridentifikasi di sejumlah kelurahan yang berada pada 3 kecamatan, yaitu Kelurahan Karanganyar dan Tambaan di Kecamatan Gandingrejo, Kelurahan Trajeng dan Mandaran di Kecamatan Panggungrejo dan Kelurahan Tapa’an di Kecamatan Bugul Kidul. Sebanyak 912 KK atau 3.223 jiwa terdampak banjir tersebut.

BPBD Kota Pasuruan menginformasikan tidak ada korban jiwa atau warga yang mengungsi akibat peristiwa tersebut.

Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, hari ini dan esok (2/12) wilayah Kota Pasuruan masih berpeluang hujan ringan hingga hujan petir. BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi maupun kondisi pasang-surut air laut mengingat wilayah ini berbatasan dengan perairan.

Pewarta: Nish
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Kepala BNPB Dorong Percepatan Perbaikan Rumah Terdampak Siklon Tropis Seroja NTT

13 Mei 2022 - 13:34 WIB

Trending di Kabar