Menu

Mode Gelap
Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu 26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser 18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok

Feature · 17 Des 2021 13:28 WIB ·

Satu Kecamatan di Kabupaten Berau Terendam Banjir, BPBD Salurkan Bantuan Logistik Bagi Warga Terdampak


 Tim BPBD Kabupaten Berau tinjau titik lokasi banjir. Foto : BPBD Kabupaten Berau  Perbesar

Tim BPBD Kabupaten Berau tinjau titik lokasi banjir. Foto : BPBD Kabupaten Berau

Burangrang.com | Berau – Banjir merendam satu kecamatan di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Peristiwa ini terjadi setelah hujan lebat turun hingga memicu meluapnya debit air Sungai Segah dan Kelay pada Rabu (15/12) pukul 17.00 waktu setempat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau menyalurkan bantuan logistik kepada 34 warga terdampak banjir yang mengungsi di Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Segah. Selain itu, BPBD Kabupaten Berau juga menurunkan satu perahu karet untuk membantu upaya evakuasi warga serta memberikan bantuan bagi warga yang masih bertahan di rumah masing-masing.

Tim BPBD Kabupaten Berau tinjau titik lokasi banjir. Foto : BPBD Kabupaten Berau

BPBD mencatat lima kampung yang terendam banjir pada Kecamatan Segah, meliputi Kampung Punan Malinau, Long Ayan, Gunung Sari, Siduung dan Long Lay.

Banjir dengan tinggi muka air 20 sampai 75 sentimeter merendam kurang lebih 732 rumah. Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

Kondisi saat ini, banjir masih menggenangi beberapa rumah warga. BPBD setempat bersama unsur perangkat daerah serta masyarakat setempat melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dalam upaya percepatan penanganan banjir.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca tiga harian mulai 16 sampai 18 Desember 2021 untuk wilayah Kalimantan Timur didominasi cuaca berawan, hujan ringan hingga hujan petir. Kajian inaRISK menunjukkan Kabupaten Berau memiliki potensi bahaya banjir pada tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 13 kecamatan.

BNPB mengimbau masyarakat dan perangkat daerah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap bencana hidrometeorologi, khususnya puncak musim hujan pada Januari 2021 hingga Februari tahun depan.

Masyarakat dan perangkat daerah setempat dapat melakukan langkah-langkah kesiapsiagaan dengan membersihkan area aliran sungai dari beragam material yang menghambat aliran air, memantau peningkatan debit air ketika terjadi peningkatan intensitas curah hujan serta mengikuti instruksi otoritas daerah setempat dalam upaya tanggap darurat banjir.

Pewarta : Feb
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Tualangi Samudera Dunia Seorang Diri Selama 210 Hari Diusia 16 Tahun

15 Mei 2022 - 11:00 WIB

Trending di Artikel