Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Feature · 18 Nov 2021 12:45 WIB ·

Sungai Batang Hari Leko Meluap 390 Rumah Terendam Banjir


 Tim Gabungan melakukan evakuasi dan patroli ke permukiman terdampak banjir di Desa Petaling, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto: BPBD Kabupaten Musi Banyuasin Perbesar

Tim Gabungan melakukan evakuasi dan patroli ke permukiman terdampak banjir di Desa Petaling, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto: BPBD Kabupaten Musi Banyuasin

Burangrang.com | Musi Banyuasin – Sungai Batang Hari Leko yang berada di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, meluap hingga menyebabkan banjir di permukiman warga pada Selasa (16/11) sore. Adapun permukiman warga yang terdampak adalah Desa Petaling, Kecamatan Lais.

Merujuk laporan Pusdalops BNPB pada Rabu (17/11) pukul 10.00 WIB, terdapat 390 kepala keluarga dan 390 unit rumah terdampak banjir dengan tinggi muka air (TMA) 70 hingga 100 centimeter.

Tim Gabungan melakukan evakuasi dan patroli ke permukiman terdampak banjir di Desa Petaling, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto: BPBD Kabupaten Musi Banyuasin

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin terus mengupayakan percepatan penanganan banjir dengan menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) bekerja sama dengan unsur TNI/Polri dan perangkat daerah setempat untuk melakukan evakuasi, memberikan bantuan logistik kepada masyarakat dan perahu untuk menunjang aktifitas masyarakat. Selain itu juga melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan dan desa terkait untuk penanganan lebih lanjut.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Kamis (18/11) terdapat adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang hinga sore hari di wilayah Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Muara Enim, Lahat, Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara dan Empat Lawang. Sementara itu pada malam hingga dini hari di wilayah Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Muara Enim, Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang dan Penukal Abab Lematang Ilir.

Selanjutnya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat / petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Jumat (19/11) malam hingga dini hari di wilayah Muara Enim, Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Selatan, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir dan Banyuasin.

Analisis inaRISK menunjukan Kabupaten Musi Banyuasin memiliki potensi risiko banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Melihat hal tersebut BNPB mengimbau kepada para pemangku kepentingan di daerah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi La Nina yang diprediksi masih akan terjadi hingga Februari 2022.

Lebih lanjut, masyarakat diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang kesiapsiagaan, antara lain memahami rute evakuasi, jika banjir sudah terjadi agar mewaspadai adanya saluran air dan lubang yang dapat menyebabkan terperosok, serta menghindari adanya sengatan listrik dengan mematikan sumber listrik. Kemudian mengantisipasi adanya banjir susulan dengan terus memperhatikan informasi resmi dari BPBD maupun dinas terkait di daerah masing-masing.

Pewarta: Nish
Editor: And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar