Menu

Mode Gelap
Berlatih Mental Penggiat Alam Terbuka Pramuka Peduli Menurut Jukran 230 Tahun 2007 Pramuka Peduli, Apakah Suatu Penegasan Belaka? Pendidikan Dasar, Bekal Pembentuk Paradigma Penggiat Alam Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

Kabar · 3 Sep 2021 13:49 WIB ·

Tim SAR Gabungan Temukan Survivor yang Hilang di Kaki Gunung Rakutak dalam Keadaan Selamat


Foto: Basarnas ( Tim SAR Gabungan sedang melakukan penyisiran lokasi kejadian) Perbesar

Foto: Basarnas ( Tim SAR Gabungan sedang melakukan penyisiran lokasi kejadian)

Burangrang.com | Bandung,- Seorang laki laki bernama Elim (45) dilaporkan hilang oleh istrinya setelah berpamitan untuk berkebun pada Sabtu (28/08) pukul 15.30 WIB. Kantor SAR Bandung menerima informasi tersebut pada pukul 12.30 WIB dan langsung berkoordinasi dengan pihak pihak terkait.

Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor SAR Bandung, Supriono memberangakatkan satu tim rescue pada pukul 12.45 WIB. Berdasakan laporan yang diterima, survivor (Elim) berangkat ke kebun sejak Hari Sabtu (28/08) untuk membuat saung, melihat kebiasaan sebelumnya survivor dua hari kemudian pulang ke rumah,  namun sampai saat ini survivor belum kembali dan diduga tersesat hingga dilaporkan keluarga ke  pihak yang berwajib. Survivor merupakan warga Kp. Gunung Manik RT 02/ 08 Ds. Nagrak.  Adapun alut yang digunakan tim rescue dalam operasi SAR kali ini yaitu 1 Unit Rescue Carrier, 1 Set Pal Navigasi, 1 Set Peralatan Alkom, 1 Set Peralatan Medis  dan APD Personal.

Foto: Basarnas ( Kantor Sar Bandung menerima laporan orang hilang di Gunung Rukatak Bandung)

Pencarian Hari Kedua Elim, Warga Nagrog yang Dilaporkan Hilang di Kaki Gunung Rakutak  Masih Nihil

Tim SAR Gabungan memulai pencarian hari kedua terhadap Elim (45) pria asal Kp. Gunung Manik RT 02/ 08 Ds. Nagrak yang dilaporkan hilang setelah berpamitan untuk pergi berkebun pada Sabtu (28/08). Sebelumnya Tim SAR Gabungan telah melakukan pencarian pada Senin (31/08) dengan hasil pencarian masih nihil.

Foto: Basarnas ( Koordinasi antara tim sar gabungan )

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menyebutkan Rencana Operasi SAR hari ini yaitu akan melakukan pencarian di sekitar LKP (Last Known Position) dengan radius 700 Meter. Adapun Tim SAR Gabungan yang terlibat terdiri dari Kantor SAR Bandung,  K9 Polres Bandung,  Koramil Pacet, Polsek Pacet, BPBD Kab. Bandung, Pemuda Pancasila,  Call to Action (CTA), FKPA dan Warga Setempat.

Menurut informasi Komandan Tim Rescuer Kantor SAR Bandung, Idham Salasa menyebutkan hingga pukul 14.00 WIB Tim SAR Gabungan telah melaksanakan pencarian yang di fokuskan di sekitar lokasi kejadian di Kaki Gunung Rakutak dengan hasil pencarian masih nihil. Tim SAR Gabungan dibagi menjadi 3 SRU dan telah melakukan penyisiran, hingga saat ini Tim SAR Gabungan masih melakukan pencarian, tim di lapangan optimis bahwa survivor masih bisa ditemukan dalam keadaan selamat. Adapun kendala yang ditemui tim di lapangan yaitu komunikasi yang terbatas dengan setiap SRU, sinyal yang kurang bagus baik seluler ataupun sinyal HT sehingga komunikasi antar SRU sedikit terhambat. 

Survivor ditemukan Tim SAR Gabungan

Elim (45) pria yang dilaporkan hilang di Kaki Gunung Rakutak Ds. Nagrak Kec. Pacet Kab Bandung ditemukan tim SAR Gabungan dalam keadaan selamat. Berdasarkan laporan tim di lapangan, Survivor berhasil dievakuasi pada pukul 15.30 WIB.

Foto: Basarnas ( Survivor berhasil diketemukan sejauh 800 meter dari titik kejadian dan langsung di evakuasi ke pusat kesehatan terdekat )

Komandan Tim Rescue Kantor SAR Bandung, Idham Salasa menyebutkan survivor langsung di evakuasi ke Fasilitas Kesehatan terdekat di Ds. Nagrak untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Saat ditemukan, survivor dalam keadaan duduk dengan kondisi lemas sekitar 800 meter dari lokasi kejadian awal.

Pukul 16.30 WIB Dengan ditemukannya survivor maka diusulkan penutupan Operasi SAR. Selanjutnya unsurs SAR kembali ke kesatuannya masing masing. Tim SAR Gabungan terdiri dari Kantor SAR Bandung, K9 Polres Bandung, Koramil Pacet,  Polsek Pacet,  BPBD Kab. Bandung,  Satpol PP Kec. Pacet,  Linmas, Polhut Kab. Bandung, FKPA, Puskesdes Nagrak dan Warga Setempat.

Sumber: Basarnas
Pewarta: Feb

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 812 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar