Menu

Mode Gelap
Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok Jika Tak Ada Pendaki Gunung, Tak Mungkin Ada Freeport! Tualangi Samudera Dunia Seorang Diri Selama 210 Hari Diusia 16 Tahun Tim Gabungan Lakukan Penanganan Banjir dan Longsor di Luwu, Sulsel

Artikel · 6 Agu 2020 16:00 WIB ·

Unduh Peta Topografi Gratis Untuk Hiking

Foto:Taufiq Hidayat (Mungkin masih sedikit orang khususnya yang berkegiatan di outdoor memanfaatkan portal pemerintah untuk mengunduh peta topografi secara gratis)

Burangrang.com | Jakarta – Bagi sebagian orang mungkin masih banyak yang belum mengetahui mengenai portal milik pemerintah yang satu ini https://tanahair.indonesia.go.id/portal-web/ terutama para penggiat outdoor di tanah air.

Padahal pemerintah telah memberikan akses untuk mengunduh peta rupa bumi khususnya peta berjenis Topografi yang dapat digunakan untuk keperluan hiking. Dimasa-masa sebelumnya jika ingin mencari peta topografi biasanya kita harus pergi ke Bakosurtanal, di Cibinong, Bogor.

Kini dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, kita tidak perlu lagi repot-repot untuk pergi ke Bogor. Tinggal buka situs Tanah Air Indonesia dari rumah selanjutnya kita unduh lalu kita cetak. Namun belum semua wilayah Indonesia bisa di unduh.

Bagaimana teknisnya untuk memperoleh peta tersebut? Jika kita sudah masuk kedalam portal tersebut selanjutnya kita mendaftar untuk login. Lalu pilih download, diteruskan dengan pilih peta, cetak jenis peta RBI, lokasi peta, dan skala peta. Pada portal ini juga memberikan peta sebaran bencana yang terjadi di Indonesia.

Ilustrasi:Taufiq Hidayat (Peta Topografi Digital Gunung Rinjani Skala 1:25.000)

Adalah Ina-Geoportal yang merupakan geoportal nasional yang menghubungkan berbagai Kementerian, Lembaga, Provinsi, dan Daerah yang menjadi mitra penghubung pada simpul Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN). Kini pengguna dapat menikmati fitur analisis data, geoprocessing, geotagging, drag and drop data file dengan teknologi mapviewer berbasis opensource.

Geoportal Kebijakan Satu Peta (KSP) yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo, merupakan platform yang menyediakan satu peta yang akurat dan akuntabel sebagai acuan untuk merumuskan pembangunan.

“Kebijakan Satu Peta inilah yang akan dijadikan dasar perencanaan untuk mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di masa depan,” tegas Kepala Negara pada akhir 2018 silam.

Geoportal KSP merupakan berupa website berbasis spasial untuk berbagi data dan Informasi Geospasial (IG) melalui Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN). Geoportal dengan alamat situs https://portalksp.ina-sdi.or.id berisi peta tematik hasil integrasi dan sinkronisasi kebijakan satu peta dari berbagai Lembaga/Kementerian (K/L) serta Pemerintah Daerah.

Penulis: Taufiq Hidayat
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1.083 kali

Baca Lainnya

Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula

20 Mei 2022 - 14:04 WIB

Ultralight Backpacking

Fenomena Pendakian Gunung Tektok

19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Naik Gunung

Jika Tak Ada Pendaki Gunung, Tak Mungkin Ada Freeport!

17 Mei 2022 - 17:00 WIB

Tualangi Samudera Dunia Seorang Diri Selama 210 Hari Diusia 16 Tahun

15 Mei 2022 - 11:00 WIB

Jejak Sejarah Gedung Lawang Sewu Semarang

6 April 2022 - 13:05 WIB

Mengenal Kota Singkawang, Kota Seribu Kelenteng

29 Maret 2022 - 13:03 WIB

Trending di Artikel