Menu

Mode Gelap
Berlatih Mental Penggiat Alam Terbuka Pramuka Peduli Menurut Jukran 230 Tahun 2007 Pramuka Peduli, Apakah Suatu Penegasan Belaka? Pendidikan Dasar, Bekal Pembentuk Paradigma Penggiat Alam Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

Artikel · 2 Jul 2021 12:48 WIB ·

Gunung Putri, Negeri Atas Awannya Bandung Barat


Gunung Putri, Negeri Atas Awannya Bandung Barat Perbesar

Burangrang.com | Lembang – Bicara mengenai pegunungan, Bandung Barat seakan tidak pernah habis menyajikan tempat – tempat yang dapat digunakan sebagai destinasi wisata alam. Kali ini destinasi yang akan kita ulas adalah Gunung Putri, yang letaknya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu. Konon, keberadaan Gunung Putri tidak lepas dari sejarah Gunung Tangkuban Parahu, yaitu Sangkuriang yang sudah melegenda di masyarakat. Gunung Putri ini dipercaya sebagai tempat persembunyian Dayang Sumbi yang melarikan diri karena tidak ingin menikahi anaknya sendiri, Sangkuriang. Dari Gunung Putri inilah Sangkuriang menendang perahu yang sudah dibuatnya sampai terbalik dan menjelma menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

Gunung Putri memililki ketinggian 1.587 mdpl, dan biasa digunakan oleh para pendaki pemula untuk melatih fisik mereka. Waktu yang ditempuh untuk mencapai puncak Gunung Putri pun relatif singkat, hanya 30 menit anda sudah dapat merasakan semilir angin dari puncak Gunung Putri. Tentu saja tergantung dengan kondisi fisik anda. Sesampainya di puncak Gunung Putri, anda dapat langsung mendirikan tenda jika hendak camping, atau bisa juga memasang hammock jika anda sekedar berkunjung sebentar.

Sayangnya, di gunung putri tidak ada fasilitas penunjang seperti toilet dan warung di atas sini, sehingga ada baiknya anda membawa perbekalan makanan dan minuman jika hendak bermalam disini. Beralih dari keindahan alam yang disajikan di puncak Gunung Putri, anda akan menemukan sebuah bangunan tua yang disenyalir sebagai bangunan peninggalan kolonial Belanda. Bangunan ini dikenal dengan Benteng Gunung Putri atau Benteng Jayagiri. Sayangnya, kondisi bangunan ini memprihatinkan dan terbengkalai.

Anda dapat menyambangi Gunung Putri ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, terdapat beberapa alternatif jalan yang dapat anda ambil, yaitu : Jalur Setiabudhi (Ledeng) – Lembang – Gunung Putri,  Jalur Ciumbuleuit – Punclut – Lembang – Gunung Putri, dan  Jalur Dago – kiri ke arah Punclut – Cijeruk – Lembang – Gunung Putri

Dari perempatan alun – alun Lembang, ambil arah kiri ke arah Gunung Tangkuban Parahu. Sekitar 2,5 kilometer setelah melewati hotel Panorama Lembang dan Grand Paradise Hotel, anda akan melihat Jalan Gunung Putri di sebelah kiri setelah belokan sebelum jalan menukik/ Hotel Puteri Gunung. Ambilah jalur kiri tersebut dan masuk ke Kampung Gunung Putri. Anda dapat menyimpan kendaraan anda di pos penjagaan/ pos tiket.

Sedangkan untuk anda yang menggunakan kendaaran umum, dari terminal Ledeng naiklah angkot Stasiun – Lembang atau Ciroyom – Lembang atau bus umum ke Subang – Indramayu. Jika anda berhenti di Lembang, lanjutkan dengan naik angkot Lembang – Cikole atau naik ojek, dan ikuti petunjuk yang sudah disebutkan. Wanna try? Let’s Find and Explore!!

Sumber : Disparbud kab Bandung Barat

Pewarta : Andri

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1,062 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Berlatih Mental Penggiat Alam Terbuka

29 Mei 2024 - 15:26 WIB

Penggiat Alam Terbuka

Pramuka Peduli Menurut Jukran 230 Tahun 2007

28 Mei 2024 - 18:19 WIB

Pramuka Peduli

Pramuka Peduli, Apakah Suatu Penegasan Belaka?

27 Mei 2024 - 11:29 WIB

Pramuka Peduli

Pendidikan Dasar, Bekal Pembentuk Paradigma Penggiat Alam

24 Mei 2024 - 11:51 WIB

Pendidikan Dasar Penggiat Alam

Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi

8 September 2022 - 14:19 WIB

Ekspedisi

Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional

7 September 2022 - 17:23 WIB

Taman Nasional
Trending di Artikel