Menu

Mode Gelap
Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok Jika Tak Ada Pendaki Gunung, Tak Mungkin Ada Freeport! Tualangi Samudera Dunia Seorang Diri Selama 210 Hari Diusia 16 Tahun Tim Gabungan Lakukan Penanganan Banjir dan Longsor di Luwu, Sulsel

Artikel · 12 Agu 2020 13:02 WIB ·

Jam Tangan Tangguh Untuk Petualang Alam

Foto: Istimewa (Casio Protrek dan Suunto Traverse Alpha)

Burangrang.com | Jakarta – Beberapa peralatan penting bagi Anda yang gemar bertualang pastinya sudah hafal dengan kebutuhan pribadi seperti jaket, sepatu, tenda dan lainnya. Termasuk gear yang satu ini yang fungsinya cukup lumayan vital, yaps apalagi kalau bukan jam tangan.

Tidak hanya sebagai petunjuk waktu, bagi sebagian petualang alam beberapa jenis jam terdapat fitur khusus yang fungsinya sangat dibutuhkan. Contohnya kompas, pengukur suhu maupun ketinggian tempat. Tidak hanya itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin signifikan, pada sistim jam tangan sudah ‘dibenamkan’ perangkat Global Positioning System (GPS). Berikut 5 jam tangan yang perlu Anda pertimbangkan.

Casio Protrek

Merk jam tangan dari Jepang ini memang terkenal dengan G-Shocknya. Tapi tipe yang khusus ditujukan bagi petualang alam adalah tipe Casio Protrek. Fiturnya sangat melimpah, mulai dari Altimeter (pegukur ketinggian), Barometer (pengukur suhu dan tekanan udara), Kompas (petunjuk arah mata angin), dan GPS yang dibenamkan pada varian jam tangan yang paling tinggi.

Kelebihan lain pada Casio tipe Protrek ini, Anda tidak perlu mengganti baterai karena jam ini sudah dilengkapi dengan baterai isi ulang menggunakan panel surya. Anda cukup jemur dibawah sinar matahari maka jam tersebut akan mengisi sendiri baterainya. Di jamin bagi pemakainya akan menambah ketangguhan dan percaya diri.

 

Casio G-Shock GW-9400 Rangeman

G-Shock yang satu ini peruntukannya memang bukan bagi petualang alam saja, tapi lebih umum. Selain fitur Altimeter, Barometer, Kompas dan baterai isi ulang, pastinya membawa embel-embel sebagai jam tangan tahan banting. Benar sekali, G-Shock GW 9400 Rangeman sangat tahan terhadap benturan, air, dan lumpur.

Foto: Istimewa (Citizen Altichron dan Casio G-Shock GW 9400 Rangeman)

Pihak produsen merakitnya dengan material yang dibuat terpisah antara Bazel dengan casing mesin. Sehingga hal ini mudah dilepas, ditukar, dan dibersihkan. Selain para petualang alam, jam tangan ini sering menghiasi tangan anggota tentara di berbagai medan pertempuran, baik itu di gurun, pegunungan tropis, maupun medan bersalju.

Suunto

Jam tangan asal Finlandia ini banyak variannya, terutama untuk berkegiatan di luar ruang seperti swimming, diving, cycling, hiking dan lainnya. Tipe yang cukup rekomended bagi Anda petualang alam adalah varian Suunto Core, karena memiliki fitur Altimeter, Barometer dan Kompas. Jika ingin model terbaru bisa menggunakan Suunto Traverse Alpha.

Yang membedakan dengan merk lain, jam tangan ini mempunyai fitur penghitung kalori, detak jantung, kardio dan lainnya. Pada tipe Traverse Alpha sudah ada GPS lengkap dengan fitur connect ke smartphone Anda. Jam ini juga memiliki fitur Weather Alarm yaitu pemberitahuan ketika ada cuaca buruk terjadi.

 

Selain untuk penggila mendaki gunung, jam tangan ini menyasar untuk para penggila lari, sepedahan, renang, berburu, memancing, dan termasuk bagi Anda yang aktif fitness. Karena dapat menghitung nilai latihan yang datanya dapat dipindahkan ke handphone. Baterai Suunto Core masih memakai baterai konvensional, sedangkan Suunto Traverse Alpha sudah menggunakan Lithium ion isi ulang dengan kabel USB.

Garmin Instinct

Siapa yang tidak kenal Garmin dengan produk GPS nya. Produsen satu ini memang banyak menghasilkan GPS yang digunakan militer, kapal laut, mobil, ataupun GPS handheld bagi pekerja tambang, pasukan altileri dan pendaki gunung. Pada tahun 2000 Garmin membuat jam tangan Forerunner yang didalamnya telah dibenamkan GPS.

Foto: Istimewa (Casio Rangeman dan Casio Protrek)

Kini Garmin sudah mengeluarkan jam tangan bagi mereka para petualang alam, Garmin Instinct. Jam ini mempunya fitur lengkap seperti Altimeter, Barometer, dan Kompass digital. Jam ini mempunyai mode multi olahraga untuk mencatat nilai latihan seperti jam tangan Suunto. Baterainya memakai Lithium ion yang bisa di charger ulang.

Citizen Promaster Altichron

Sejak didirikan pada 1930, jam tangan Citizen telah mempromosikan pemikiran lintas budaya yang mengedepankan keunggulan dan kreativitas. Nama yang dipilih sebagai brand menyiratkan rasa menghargai pada satu keahlian, dan dikenal baik oleh penduduk seluruh dunia (citizens of the world).

Sejak kemunculannya, Citizen Promaster Altichron yang menggunakan saphire glass dan casing titanium, memang khusus dibuat bagi para pendaki gunung. Fitur Altimeter dan Kompas dengan jarum (analog) sangat akurat dan memudahkan visibility di medan pegunungan berkabut. Selain itu baterainya sama seperti G-Shock GW 9400 Rangeman, hanya perlu disinari matahari atau lampu biasa untuk mengisi daya.

Demikian beberapa jam tangan tangguh yang dibuat untuk para mountaineer ataupun traveller. Rata-rata kemampuan petunjuk altimeternya dari 200 meter dibawah permukaan laut sampai 10.000 meter diatas permukaan laut, sudah sangat cukup bukan? Kisaran harganya mulai dari 3 juta sampai belasan juta rupiah, tergantung kualitas bahannya.

Penulis: Taufiq Hidayat
Editor: Djali Achmad

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 298 kali

Baca Lainnya

Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula

20 Mei 2022 - 14:04 WIB

Ultralight Backpacking

Fenomena Pendakian Gunung Tektok

19 Mei 2022 - 15:49 WIB

Naik Gunung

Jika Tak Ada Pendaki Gunung, Tak Mungkin Ada Freeport!

17 Mei 2022 - 17:00 WIB

Tualangi Samudera Dunia Seorang Diri Selama 210 Hari Diusia 16 Tahun

15 Mei 2022 - 11:00 WIB

Jejak Sejarah Gedung Lawang Sewu Semarang

6 April 2022 - 13:05 WIB

Mengenal Kota Singkawang, Kota Seribu Kelenteng

29 Maret 2022 - 13:03 WIB

Trending di Artikel