Menu

Mode Gelap
Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok Jika Tak Ada Pendaki Gunung, Tak Mungkin Ada Freeport! Tualangi Samudera Dunia Seorang Diri Selama 210 Hari Diusia 16 Tahun Tim Gabungan Lakukan Penanganan Banjir dan Longsor di Luwu, Sulsel

Feature · 4 Nov 2021 12:02 WIB ·

Basarnas Kerahkan Personil Cari Anak Tenggelam di Saluran Air Pondok Kopi


 Personil rescue lengkap dengan peralatan SAR air yang dimiliki untuk bergerak menuju lokasi kejadian melakukan operasi SAR terhadap korban. Foto: Basarnas Perbesar

Personil rescue lengkap dengan peralatan SAR air yang dimiliki untuk bergerak menuju lokasi kejadian melakukan operasi SAR terhadap korban. Foto: Basarnas

Burangrang.com | Jakarta – Seorang anak dikabarkan tenggelam pada senin (1/6) sekitar pukul 13.40 WIB di Saluran air PHB Robusta Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Korban yang bernama Andika Budi Prasetyo (9) diketahui sedang bermain di pinggiran saluran air tersebut hingga terperosok ke dalamnya dan tenggelam.

Basarnas melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta kemudian mengerahkan personil rescue menuju lokasi kejadian untuk melakukan upaya pencarian terhadap korban.

Personil rescue lengkap dengan peralatan SAR air yang dimiliki untuk bergerak menuju lokasi kejadian melakukan operasi SAR terhadap korban. Foto: Basarnas

“Kami kerahkan personil rescue lengkap dengan peralatan SAR air yang dimiliki untuk bergerak menuju lokasi kejadian melakukan operasi SAR terhadap korban.” Tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator dalam operasi SAR.

Beliau juga menegaskan bahwa pihaknya akan melakukan koordinasi dengan unsur SAR gabungan yang sudah ada di lapangan untuk menentukan area pencarian yang rencananya akan dibagi menjadi 2 (dua). SRU pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran dengan menggunakan perahu karet hingga radius 2 KM dan SRU kedua akan melakukan pencarian dengan penyisiran secara visual melalui jalur darat di sepanjang bantaran saluran air tersebut hingga radius 1 KM.

Personil rescue lengkap dengan peralatan SAR air yang dimiliki untuk bergerak menuju lokasi kejadian melakukan operasi SAR terhadap korban. Foto: Basarnas

Pencarian pada sore ini melibatkan puluhan personil SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Duren Sawit, Damkar Jakarta Timur, BPBD DKI Jakarta, Koramil Duren Sawit, Satpol PP Duren Sawit, Ukhuwal Al Fatah Rescue, ESLAN, Human Initiative, Hirpala, Funo Kawan, KORGAD, Senkom, masyarakat, dan keluarga korban.

Tim SAR Perluas Area Pencarian

Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian terhadap seorang anak yang tenggelam di Saluran Air PHB Robusta, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Pencarian pada hari kedua ini akan melibatkan puluhan personil SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Duren Sawit, Damkar Jakarta Timur, BPBD DKI Jakarta, Koramil Duren Sawit, Satpol PP Duren Sawit, Ukhuwal Al Fatah Rescue, ESLAN, Human Initiative, Hirpala, Funo Kawan, KORGAD, Senkom, masyarakat, dan keluarga korban.

Pencarian pada selasa (2/11) akan diperluas dengan membagi area pencarian menjadi 2 (dua) dimana SRU pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran di sepanjang Kali BKT menggunakan perahu karet pada radius 6 KM dari lokasi kejadian kemudian SRU kedua akan melakukan pencarian dengan penyisiran secara visual di bantaran kali hingga radius 3 KM dari lokasi kejadian.

“Kami akan kerahkan seluruh personil SAR gabungan serta alat utama yang ada di lapangan untuk memaksimalkan pencarian pada hari ini dengan harapan korban segera kita temukan.” Tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR.

Personil rescue lengkap dengan peralatan SAR air yang dimiliki untuk bergerak menuju lokasi kejadian melakukan operasi SAR terhadap korban. Foto: Basarnas

Beliau juga mengungkapkan bahwa perhitungan area pencarian berdasarkan kondisi cuaca dan arus deras dari saluran air tersebut pada saat kejadian sehingga diperkirakan korban sudah terseret menuju Kali BKT yang hanya berjarak 500 meter dari lokasi kejadian.

“Tim juga tetap akan menyusuri dari lokasi kejadian nanti, hingga titik pertemuan antara saluran air tersebut dengan Kali BKT.” Tutup Hendra.

Pencarian Korban Masih Nihil Dilanjutkan Esok Hari

Pencarian terhadap seorang  yang tenggelam anak yang tenggelam di Saluran Air PHB Robusta masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan hingga selasa (2/11) petang ini namun korban masih belum ditemukan. Upaya yang dilakukan oleh tim SAR gabungan sudah secara maksimal dengan melibatkan puluhan personil SAR gabungan serta alat utama dan prasarana SAR yang ada di lapangan. Kondisi cuaca hujan ringan serta arus yang cukup deras di Kali BKT juga harus dilalui oleh tim SAR gabungan dalam operasi SAR pada hari ini.

Personil rescue lengkap dengan peralatan SAR air yang dimiliki untuk bergerak menuju lokasi kejadian melakukan operasi SAR terhadap korban. Foto: Basarnas

“Penyisiran melalui jalur air dengan menggunakan perahu karet akan kita lanjutkan besok pagi, sementara malam ini kita akan lakukan pengamatan secara visual melalui jalur darat.” tegas Hendra Sudirman, S.E., M.Si., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR.

Sebelumnya dari pagi tadi tim SAR gabungan telah melakukan upaya pencarian dengan membagi area menjadi 2 (dua) yaitu SRU pertama akan melakukan pencarian dengan penyisiran di sepanjang Kali BKT menggunakan perahu karet pada radius 6 KM dari lokasi kejadian kemudian SRU kedua akan melakukan pencarian dengan penyisiran secara visual di bantaran kali hingga radius 3 KM dari lokasi kejadian.

Adapun unsur tim SAR gabungan yang tergabung dalam pencarian hari ini yaitu Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polsek Duren Sawit, Damkar Jakarta Timur, BPBD DKI Jakarta, Koramil Duren Sawit, Satpol PP Duren Sawit, Ukhuwal Al Fatah Rescue, ESLAN, Human Initiative, Hirpala, Funo Kawan, KORGAD, Senkom, SCRC, Repotin, Shabawana, Imani Cart, Brigade, DMI, Response Team, KCR, Rumah Zakat, IRRES, masyarakat, dan keluarga korban.

Pewarta: Feb
Editor: And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 67 kali

badge-check

Admin

Baca Lainnya

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Kepala BNPB Dorong Percepatan Perbaikan Rumah Terdampak Siklon Tropis Seroja NTT

13 Mei 2022 - 13:34 WIB

Delegasi G20 Sepakat Pembiayaan Internasional Dukung Penciptaan Iklim Pariwisata Berkelanjutan

13 Mei 2022 - 13:17 WIB

Indonesia Dominasi Piala Dunia Panjat Tebing Hingga Pecahkan Rekor Dunia Tercepat

13 Mei 2022 - 11:45 WIB

Pemkot Jaksel Konversi Ruang Publik Jadi Etalase Pelaku Ekraf Seni Rupa

13 Mei 2022 - 11:33 WIB

Trending di Kabar