Menu

Mode Gelap
Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu 26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser 18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik Ultralight Hiking/Backpacking Untuk Pemula Fenomena Pendakian Gunung Tektok

Kabar · 7 Jan 2022 13:08 WIB ·

Harapan Para Petani atas Keberadaan Bendungan Randugunting


 Presiden Joko Widodo berdialog bersama sejumlah petani usai meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. Foto: BPMI Setpres Perbesar

Presiden Joko Widodo berdialog bersama sejumlah petani usai meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. Foto: BPMI Setpres

Burangrang.com | Blora – Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. Pada kesempatan tersebut, para petani menyampaikan sejumlah harapan atas kehadiran bendungan yang memiliki kapasitas tampung sebesar 14,4 juta meter kubik tersebut.

Seorang petani dari Desa Sekarsari bernama Sukarji berharap agar keberadaan Bendungan Randugunting dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, utamanya para petani di wilayah sekitar Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Pati.

Presiden Joko Widodo berdialog bersama sejumlah petani usai meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. Foto: BPMI Setpres

“Tanaman padi ini membutuhkan pengairan yang optimal, jadi harapan kami dari Bendungan Randugunting ini bisa menyuplai air ke Dam Kedung Sapen yang mana Dam Kedung Sapen ini bisa untuk mengairi daerah kami, daerah Kecamatan Sumber dan Kaliori, Kabupaten Rembang,” tuturnya.

Sukarji pun berharap kehadiran bendungan yang mampu mengairi kurang lebih 650 hektare sawah tersebut dapat memberikan harapan dan meningkatkan taraf hidup petani di sekitarnya.

Sementara itu, Syakib, petani dari Desa Jatihadi, Kabupaten Rembang, berharap agar pemerintah juga dapat melakukan normalisasi bendungan lainnya yang sudah dangkal. Menurutnya, hal tersebut membuat petani harus menunggu tadah hujan untuk irigasi sawahnya.

“Jadi mohon perhatiannya Bapak Jokowi, mohon dinormalisasi bendungannya karena dangkal itu, biar masyarakat menikmati air yang bisa mengalir di petani,” ujar Syakib.

Supardi, petani bawang merah asal Desa Jatihadi, merasa bersyukur atas keberadaan Bendungan Randugunting. Supardi berharap pengairan dari bendungan tersebut dapat dirasakan manfaatnya bagi para petani bawang.

Presiden Joko Widodo Menanam pohon sambil berdialog bersama sejumlah petani usai meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 5 Januari 2022. Foto: BPMI Setpres

“Saya mengucapkan banyak terima kasih atas adanya Bendungan Randugunting ini yang nantinya dinanti-nanti oleh petani untuk dinikmati oleh petani semua,” ucap Supardi.

Pewarta : Cil
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Kepala BNPB Dorong Percepatan Perbaikan Rumah Terdampak Siklon Tropis Seroja NTT

13 Mei 2022 - 13:34 WIB

Trending di Kabar