Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Kabar · 17 Mar 2022 12:02 WIB ·

Komitmen Provinsi Gorontalo Menuju Global Platform for Disaster Risk Reduction 2022


 Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB, Agus wibowo bertemu dengan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Rabu (16/3). Foto : Direktorat Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB / Arsyad A Iriansyah Perbesar

Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB, Agus wibowo bertemu dengan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Rabu (16/3). Foto : Direktorat Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB / Arsyad A Iriansyah

Burangrang.com | Gorontalo – BNPB terus mendorong pemerintah daerah dalam mengoptimalkan perencanaan pembangunan daerah berbasis pengurangan risiko bencana. Hal tersebut diwujudkan dalam integrasi rencana penanggulangan bencana (RPB) dengan rencana pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB, Agus wibowo dalam audiensi dengan Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Rabu (16/3)

Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo H. Idris Rahim menyampaikan dalam audiensi tentang perlunya latihan kesiapsiagaan masyarakat.

“Perlu latihan kesiapsiagaan menghadapi bencana, seperti banjir atau gempa, karena risiko bencana tersebut dapat berdampak kepada korban jiwa dan kerugiaan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Idris juga menyampaikan pentingnya dokumen perencanaan penanggulangan bencana dan kampanye Making City Resilient 2030.

Idris mengatakan, komitmen Provinsi Gorontalo yaitu menyusun dokumen perencanaan penanggulangan bencana, seperti dokumen kajian risiko bencana dan rencana penanggulangan bencana. Ini merupakan modalitas daerah untuk mempersiapkan daerah tangguh bencana dan mempersiapkan pemilihan kepala daerah serentak mendatang.

“Selain itu, Provinsi Gorontalo juga bisa mendaftarkan dirinya dalam kampanye Making Cities Resilient 2030 (MCR2030),” ucapnya

Provinsi Gorontalo dapat mendaftar komitmen sebagai kota tangguh dalam kampanye Making Cities Resilient 2030 (MCR2030) di website https://mcr2030.undrr.org/.

Sementara itu, Agus Wibowo juga menyampaikan bahwa Indonesia telah memiliki Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2020 tentang Rencana Induk Penanggulangan Bencana Tahun 2020-2044.

“Harapan kami, Gorontalo mengadopsi rencana induk tersebut untuk menyusun rencana jangka panjang penanggulangan bencana agar menjadi daerah yang tangguh bencana,” kata Agus.

Hadir juga dalam audiensi tersebut Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Gorontalo, Rusli Nusi yang menyampaikan komitmen Pimpinan di Provinsi Gorontalo dalam SPM penanggulangan bencana.

Di akhir audiensi, Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB menyampaikan kepada Wakil Gubernur untuk dapat hadir dalam  penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang akan diselenggarakan pada 23 – 28 Mei 2022. Momentum ini menjadi penanda berbagai pihak baik di tingkat lokal, nasional dan global dalam upaya pengurangan risiko. Informasi GPDRR dapat dilihat https://globalplatform.undrr.org/

Pewarta : Cil
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 26 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar