Menu

Mode Gelap
Berlatih Mental Penggiat Alam Terbuka Pramuka Peduli Menurut Jukran 230 Tahun 2007 Pramuka Peduli, Apakah Suatu Penegasan Belaka? Pendidikan Dasar, Bekal Pembentuk Paradigma Penggiat Alam Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

Kabar · 29 Okt 2021 14:58 WIB ·

Manfaat Kegiatan di Alam Terbuka


Kegiatan di Alam Terbuka merupakan proses pendidikan di luar ruang. Foto: Istimewa Perbesar

Kegiatan di Alam Terbuka merupakan proses pendidikan di luar ruang. Foto: Istimewa

Burangrang.com | Jakarta – Kegiatan di Alam Terbuka merupakan proses pendidikan di luar ruang, yaitu; di luar lingkungan sekolah, lingkungan kampus dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik dan terarah, yang dilakukan dengan Prinsip Dasar Cinta Alam yang sasaran akhirnya pembentukan watak atau karakter.

Alam Terbuka adalah sarana pendidikan yang sangat bermanfaat bagi pembinaan watak manusia. Faktor kesemestaan Alam dengan segala keberadaannya yang berupa adanya; gelap, terang, panas, dingin, angin, hujan, basah dan lembab adalah yang tidak bisa dihindari oleh seseorang.

Dalam berkegiatan di Alam Terbuka yang dipersiapkan dengan baik dan terjaga keamanannya, akan mendorong seseorang untuk dapat terbina sikap mentalnya, dapat memberikan rasa percaya diri dan bertanggung jawab serta ikut bertindak untuk menjaga kelestarian Alam dan lingkungannya. Foto: Istimewa

Dimana seseorang harus berusaha untuk menyesuaikan diri dan  berusaha mengatasi adanya kondisi faktor alam itu, itulah tantangan yang harus dihadapi. Kegiatan di Alam Terbuka dalam bentuk aktivitas fisik, mental dan intelegensia merupakan referensi yang sarat dengan materi pendidikan, di antaranya mendidik kedisiplinan, cinta alam, terciptanya kegiatan yang positif dan edukatif.

Dalam berkegiatan di Alam Terbuka yang dipersiapkan dengan baik dan terjaga keamanannya, akan mendorong seseorang untuk dapat terbina sikap mentalnya, dapat memberikan rasa percaya diri dan bertanggung jawab serta ikut bertindak untuk menjaga kelestarian Alam dan lingkungannya. Semakin banyak berkegiatan di Alam Terbuka akan semakin terbentuk jiwa petualangannya, terlatih, cepat tanggap dan berani, sehingga mudah beradaptasi dengan orang lain.

Berkegiatan di Alam Terbuka akan membentuk jadi pribadi yang mandiri mau belajar dengan hal baru dan tempat lingkungan baru, serta dapat menerima dan menghargai perbedaan dan menjadi lebih sabar, bahwa hal-hal  yang dilihat dan dirasakan selama berkegiatan di Alam Terbuka telah membuat dirinya merasa ke luar dari zona nyaman (pengaruh kehidupan sehari-hari di kota).

Kegiatan di Alam Terbuka merupakan proses pendidikan di luar ruang. Foto: Istimewa

Segala kesulitan dan permasalahan yang dihadapi pada saat berkegiatan di Alam Terbuka akan   memberi banyak pengaruh dan pelajaran yang berharga, sehingga akan lebih banyak bersyukur dan bijak pada semua hal, sekecil apapun itu sehingga kebiasaan mengeluhpun akan perlahan hilang.

Wassalam… “jadilah dirimu sebaik baik dari dirimu…” . Selamat berkegiatan di Alam Terbuka. Tetap semangat.

Penulis: Djukardi ‘Bongkeng’ Adriana
Editor: And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 698 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar