Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Feature · 18 Sep 2021 07:28 WIB ·

Pemeriksaan Kesehatan Gajah Binaan, di Pusat Latihan Gajah Minas


 Tim medis Balai Besar KSDA Riau bersama Tim dokter hewan dari Vesswick didampingi para Mahout melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan fisik gajah binaan di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kamis (9/9). Foto: BBKSDA Riau Perbesar

Tim medis Balai Besar KSDA Riau bersama Tim dokter hewan dari Vesswick didampingi para Mahout melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan fisik gajah binaan di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kamis (9/9). Foto: BBKSDA Riau

Burangrang.com | Pekanbaru –  Tim medis Balai Besar KSDA Riau bersama Tim dokter hewan dari Vesswick didampingi para Mahout melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan fisik gajah binaan di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kamis (9/9). Gajah binaan yang diperiksa di PLG Minas berjumlah 17 ekor dengan kegiatan yang dilakukan adalah pengukuran tinggi gajah, pengukuran lingkar dada, berat badan dan pemberian obat cacing.

Gajah dewasa cenderung tenang saat dilakukan pengukuran bahkan sampai pemberian obat cacing. Namun si imut Rizky, gajah yang belum genap satu tahun memiliki banyak gaya dan ada saja tingkahnya. Dia harus dibujuk terlebih dahulu dengan gula merah agar sedikit diam dan Tim dokter baru bisa mengukur tubuh imutnya. Saat Gajah yang lain diukur, dengan lincahnya dia kesana kemari mendorong dan mengajak bermain semua Tim.

Tim medis Balai Besar KSDA Riau bersama Tim dokter hewan dari Vesswick didampingi para Mahout melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan fisik gajah binaan di Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas, Kamis (9/9). Foto: BBKSDA Riau

Pusat Latihan Gajah Minas merupakan tempat yang strategis untuk dikembangkan menjadi objek wisata khususnya untuk wisata edukasi gajah. Karena Pusat Latihan Gajah Minas Mempunyai jarak tempuh yang cukup dekat dengan pusat kota Pekanbaru yakni 60 Km.

Dengan lokasi yang strategis ini diharapakan Pemerintah Daerah melalui UPTD atau KPHP Tahura Minas bisa bekerja sama dengan Balai Besar KSDA Riau dapat mewujudkan pembangunan Pusat Latihan Gajah Minas menjadi salah satu objek wisata yang berbasis alam di Riau.

Gajah Di Pusat latihan Gajah  Minas Foto: BBKSDA Riau

Pusat Latihan Gajah  Minas ini berdampingan dengan kebun kelapa sawit masyarakat sehingga areal pengembalaan gajah yang dulunya masih bervegetasi hutan, sebagian besar telah berubah fungsi menjadi kebun kelapa sawit

Sehat terus gajah yang baik, agar tetap dapat bergandengan bersama melakukan penanganan konflik dan berjuang untuk konservasi .

Pewarta: Nish
Editor: Dj

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 91 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar