Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Kabar · 13 Mei 2022 11:33 WIB ·

Pemkot Jaksel Konversi Ruang Publik Jadi Etalase Pelaku Ekraf Seni Rupa


 Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendukung Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk mengonversi ruang publik atau ruang terbuka sebagai etalase bagi para pelaku ekonomi kreatif khususnya subsektor seni rupa di DKI Jakarta. Foto : Kemenparekraf Perbesar

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendukung Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk mengonversi ruang publik atau ruang terbuka sebagai etalase bagi para pelaku ekonomi kreatif khususnya subsektor seni rupa di DKI Jakarta. Foto : Kemenparekraf

Burangrang.com | Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendukung Pemerintah Kota Jakarta Selatan untuk mengonversi ruang publik atau ruang terbuka sebagai etalase bagi para pelaku ekonomi kreatif khususnya subsektor seni rupa di DKI Jakarta.

Menparekraf Sandiaga Uno saat Workshop Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia tahun 2022 yang dihadiri 35 peserta di Salihara Art Center, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2022) menjelaskan, pihaknya mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan seluruh stakeholder parekraf untuk mendukung upaya membangkitkan ekonomi kreatif, dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya salah satunya dengan konversi lahan terbuka milik pemerintah daerah sebagai ruang kreatif.

“Kami mengapresiasi kolaborasi untuk memberikan satu konsistensi dan komitmen program pemerintah pusat dalam memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif di Jakarta Selatan khususnya di subsektor seni rupa untuk menyediakan ruang publik yang dikonversi sebagai etalase sebagai wadah pemasaran produk mereka. Sehingga ini menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi dan masuk ke dalam tatanan ekonomi baru,” ujarnya.

Menparekraf Sandiaga Uno juga secara kongkrit mendukung upaya kebangkitan ekonomi pelaku ekraf dengan mengikutsertakan dalam program pemerintah seperti Baparekraf Digital Innovation Lab (Bedil).

“Salah satunya produk @cutemonster_id  yang sudah naik kelas dan kita promosikan di sosial media kami dan akan diikutsertakan dalam program Bedil. Harapannya pelaku-pelaku ekraf seperti Cute Monster dan lainnya bisa meningkatkan omzetnya, membuka lapangan kerja, memperluas peluang usaha,” katanya.

Kota Jakarta Selatan sendiri terpilih lantaran sudah menjadi bagian dari ekosistem Kab/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia dengan subsektor seni rupa sebagai ungulannya, memiliki ragam komunitas seni dengan seni rupa yang khas, seperti Komunitas Salihara, Komunitas Seni Bulungan, Gudang Sarinah, Forum Lenteng, Ruang Rupa, dan beragam komunitas seni lainnya. Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekraf dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

“Melalui penyelenggaraan workshop ini, diharapkan juga dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi kreatif di Kota Jakarta Selatan. Kemenparekraf/Baparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kota Jakarta Selatan,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murtadho mengatakan, Pemerintah Kota Jakarta Selatan mengedepankan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai bagian dari program yang dapat diandalkan di pemerintah kota.

“Sebagai bukti kongkrit, dalam beberapa waktu, kami akan mengonversikan juga gedung kantor sebagai ruang terbuka untuk publik. Sehingga masyarakat betul-betul bisa memanfaatkan dan menjadikannya sebagai etalase bagi para pelaku ekraf,” katanya.

Pewarta : Nish | Editor : And

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar