Menu

Mode Gelap
Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com Dukungan Cash Sponsor dan Kredibilitas Pelaku Ekspedisi Gunung Pendakian Yang Berada di Wilayah Taman Nasional Cara Sederhana Menjaga Kebugaran Fisik Sebelum Naik Gunung Mungkinkah Beda, Ekspedisi dan Petualangan?

Kabar · 2 Feb 2022 14:51 WIB ·

Pengelolaan Sampah Plastik Desa Gorontalo, Wujudkan Pariwisata Berkualitas dan Berkelanjutan


 Menparekraf Sandiaga Uno meninjau pengelolaan sampah plastik di Desa Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto : Kemenparekraf Perbesar

Menparekraf Sandiaga Uno meninjau pengelolaan sampah plastik di Desa Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto : Kemenparekraf

Burangrang.com | Manggarai Barat – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, meninjau proses pengolahan sampah plastik di Desa Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, sebagai salah satu upaya mewujudkan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Khususnya di destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo.

Proses pengolahan sampah plastik di Desa Gorontalo sendiri menggunakan mesin pengelolaan sampah plastik yang merupakan dukungan dari Kemenparekraf/Baparekraf beberapa waktu lalu.

Menparekraf Sandiaga Uno meninjau pengelolaan sampah plastik di Desa Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto : Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga, dalam pernyataannya, Jumat (28/1/2022), menjelaskan bahwa isu global yakni sampah plastik membutuhkan waktu sekitar 500 hingga 1.000 tahun untuk benar-benar terurai. Data yang dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan, dari 64 juta ton sampah plastik per tahun sebesar 3,2 juta ton berkontribusi ke laut.

Tentunya hal ini sangat mengkhawatirkan biota-biota laut dan menciptakan dampak lebih besar terhadap kesehatan serta lingkungan.

Menparekraf Sandiaga Uno meninjau pengelolaan sampah plastik di Desa Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Foto : Kemenparekraf

“Ini juga sesuai dengan arahan Presiden, bahwa beliau menargetkan pengurangan sampah laut sebanyak 75 persen pada tahun 2025. Oleh karena itu, kami menghadirkan mesin pengelolaan sampah plastik, untuk dapat mewujudkan keberlanjutan lingkungan,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Dalam penerapan pengolahan sampah, Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan PT. ASTRA. Metode yang digunakan adalah pirolisis, dimana nantinya sampah plastik yang dikumpulkan nelayan akan diolah dengan teknologi tinggi untuk menghasilkan bahan bakar solar, yang nantinya dapat digunakan oleh nelayan untuk melakukan aktivitas melaut mereka.

“Mesin pengolah sampah plastik ini memang diberikan kepada warga di Desa Gorontalo untuk mendukung penanganan masalah sampah di wilayah Labuan Bajo. Beberapa titik lain juga telah dipetakan dan diterapkan sehingga dapat menjadi model bagi titik-titik berikutnya,” jelasnya.

Sampah plastik yang dikumpulkan oleh nelayan di Desa Gorontalo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, untuk kemudian diolah menjadi bahan bakar solar. Foto : Kemenparekraf

Kemenparekraf/Baparekraf juga telah menghadirkan Waste Management Specialist untuk melihat potensi pengolahan sampah yang akan bermanfaat secara ekonomi bagi masyarakat setempat. Dengan demikian, Labuan Bajo dapat menjadi destinasi pariwisata yang benar-benar bebas dari sampah.

Turut mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu; Trash Hero selaku Waste Management Specialist, Badrul Hadi; dan Perwakilan Politeknik El Bajo Commodus selaku fasilitator lokal, Irna Karina.

Pewarta : Cil
Editor : And

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Redaksi

Baca Lainnya

Program Liputan Pendakian Gunung Indonesia Explore Media – Burangrang.com

2 Januari 2024 - 16:26 WIB

Liputa Pendakian Gunung

Sepatu 20 Ribu Ungguli Sepatu Gunung Seharga Ratusan Ribu

23 Juni 2022 - 13:33 WIB

Sepatu Gunung Murah Kuat

26 Fakta-fakta Menarik Pendakian Gunung Leuser

7 Juni 2022 - 17:01 WIB

Gunung Leuser

18 Rekomendasi Trekking Organizer Pendakian Gunung Rinjani Terbaik

2 Juni 2022 - 14:57 WIB

Operator Trip, Trekking Organizer

Sail Tidore 2022 Akan Dimeriahkan Puluhan Penerjun TNI AL

24 Mei 2022 - 10:00 WIB

Sail Tidore 2022

Menyoroti Pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

20 Mei 2022 - 19:26 WIB

Trending di Kabar